Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Santosa Amin, Dubber Spongebob yang Gemar Melukis

santosa amin dubber suneo, spongebob, popeye, elmo sesame street

Hallo sahabat Sketchers. Tau kan film kartun Spongebob? pernahkah kamu bertanya siapa sih dubber Spongebob Squarepants yang menggemaskan itu? Betul, jawabannya adalah Santosa Amin. Beliau adalah salah satu pengisi suara karakter kartun Spongebob Squarepants pada awal tahun 2000an.

Apakah hanya karakter Spongebob Squarepants yang suaranya di isi oleh Santosa Amin si dubber multitalenta ini?

Dubber jadi profesi

Film-film kartun banyak sekali bermunculan di Indonesia pada tahun 1990an dan pada tahun tersebut pula profesi penyulih suara atau dubber sangat diperhitungkan.

Memang, bila kita bicara soal film kartun tentu saja tak lepas dari peran-peran para dubber untuk mengisi suara dari karakter-karakter di film-film kartun tersebut.

Dubber di Indonesia menjadi sebuah profesi ketika tepatnya industri pertelevisian Indonesia banyak dibanjiri film-film dari luar negeri seperti film dokumenter, film fiksi dan tentu saja film kartun. Dari banyaknya dubber Indonesia, ada satu nama yang suaranya sering sekali mengisi karakter kartun, yaitu Santosa Amin.

Cukup banyak suara dari Santos, sapaan akrabnya, yang muncul di berbagai karakter kartun. Selain Spongebob, beliau juga mengisi suara Suneo dalam kartun Jepang “Doraemon”, suara Elmo dalam film “Sesame Street”, suara Ryuzo Tanokura dalam film “Oshin”, suara Li Syoran dalam film “Cardcaptor Sakura” dan juga suara Sang Hyeok dalam film “Winter Sonata”.

santosa amin dubber suneo, spongebob, popeye, elmo sesame street
Santos menyadari ketertarikannya pada dunia suara sedari masih belia. Beliau gemar menirukan suara penyiar radio dan pembawa acara berita waktu itu, bahkan tak jarang beliau juga menirukan suara iklan yang muncul. Santos juga bahkan dapat menghafal suara dan dialog dari film yang membuatnya terkesan.

Fokus adalah salah satu poin utama dari keberhasilannya di dunia penyulih suara. Berlatar belakang di bidang teater mambuatnya dapat mengembangkan variasi suara-suara hingga cara pengucapannya. Sebagai seorang yang profesional di dunia dubbing, Santos masih terus belajar dan belajar untuk memperkaya koleksi suara. Sebagai seorang dubber, beliau harus bisa fleksibel dan menguasai semua suara dan itu akan menjadi daya jual dari Santos sendiri.

Santosa Amin Penggemar GambArt

Santosa Amin adalah orang yang memiliki banyak talenta. Selain dunia dubbing, Santos rupanya juga gemar melukis.

Pria berkacamata ini belajar melukis secara otodidak, dan rupanya Santosa Amin adalah penggemar Sketchbook dan Scratchbook GambArt lho! Beliau suka sekali dengan kualitas kertas dari Sketchbook dan Scratchbook yang mana kertasnya memiliki ketebalan 210Gsm yang membuat Santos bisa bebas melukis dengan media apapun, termasuk watercolor, tanpa takut tintanya tembus.

Warna kertasnya yang putih gading dapat memanjakan mata Santos dan para Sketchers lainnya agar tidak gampang lelah jika melukis terlalu lama. Khusus untuk Scratchbook, bukunya dapat dibentangkan sampai 180 derajat dan mempunyai 80 lembar halaman yang memberikan Santos juga para Sketchers banyak lahan dan leluasa dalam berkarya.

Klik tautan berikut ini untuk lihat testimoni dari Santosa Amin yang melukis dengan menggunakan produk dari GambArt:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *